Ku Menemukan Cinta Di Desa Cinta Garut

Cerita dari Fitry Rahmah (Pendidikan Ilmu Komputer 2013) di P2M 2014 di Desa Cinta, Garut.

Tepatnya tanggal 19 januari kami rombongan panitia pengabdian pada masyarakat (p2m) bergegas pergi meninggalkan kampus UPI bumi siliwangi menuju daerah yang jauh dari keramaian kota yaitu desa cinta kec.karang tengah kab.garut.

desa nan asri ditumbuhi pepohonan yang melambung tinggi,dibentangi persawahan yang begitu luas dan hiasi pegunungan yang menambah pemandangan desa cinta begitu sangat takjub, kami yang tertidur didalam mobil pun tak kuasa terbangun dan tak henti hentinya bersyukur karena kami masih bisa melihat hal indah seperti ini.

Langsung kami terhenti disebuah rumah besar milik kepala desa cinta. Untuk wanita kami bisa menempati tempat ini sedangkan untuk pria mereka tinggal dikantor desa. Dan okeey pengalaman kami dimulai disini.

Hari hari kami jalani dengan tujuan untuk mengabdi pada masyarakat, sebisa mungkin apa yang bisa kita lakukan dengan maksimal akan kita lakukan .dari ngantri mandi mulai jam 3 subuh hingga kembali rapat sampai jam 11 malam demi menjalankan program kerja yang akan kita lakukan disini.

Kami mengenalkan anak sd,smp tentang hal hal dasar komputer , mengadakan talkshow kepada anak SMA mengenai kuliah agar mereka tetap semangat untuk melanjutkan jenjang studinya, juga kami mengadakan seminar kepada guru guru tentang bagiamana caranya menggunakan media pembelajaran powerpoint .satu hal yang aku tangkap banyak diantara mereka yang sama sekali belum menyentuh laptop,komputer dan bahkan itu hal pertama kalinya mereka mengetahui itu.bayangkan aku saja yang diberikan fasilitas tak selamanya digunakan untuk hal yang bermanfaat sedangkan mereka sangat sulit untuk mendapatkannya.

Lanjut… kami melakukan observasi dilingkungan desa, mencari cari apa masalah,mencari potensi  yang ada didesa itu, mengunjungi rumah rumah warga ,melakukan pendekatan,wawancara dan apa banyak sekali hal mengahrukan yang aku dapetin dari desa ini.

Puluhan anak anak kecil denga jilbab dan sarungnya yang rajin sekali mengaji dimadrasah, jauh…. itu bukan hambatan bagi mereka untuk tetap bisa membaca alkur’an, stelah mengaji mereka tak langsung pulang mereka membersihkan sekitaran madrasah dan masjid yang ada disitu. Dan juga pemandangan anak sd ketika istirahat sekolah dimulai mereka masih memainkan permainan tradisional seperti jaman kita dulu, mungkin dikota sudah tidak ada lagi .

Kami juga melakukan bakti sosial dengan membagikan barang barang yang masih layak pakai kepada masyarakat yang kurang mampu didesa itu, membersihkan lingkungan yang kita jamah dan mengadakan kegiatan kegiatan seperti lomba masyarakat,lomba cerdas cermat.lomba keagamaan dan banyak sekali aktivitas sosial yang kita lakukan.

Kesulitan ?? iya memang, sangat sulit menghadapi  anak anak yang ternyata sangat banyak saat hadir diperlombaan masyarakat, sangat bingung disaat warga yang hadir dirapat begitu sedikit, sangat kaget saat diacara seminar listrik mati karena gak kuat dan sangat tak tau apa lagi ketika aktivitas akan dijalankan cuaca tidak mendukung dan mungkin masalah itu selalu datang menghampiri tapi kami disini tidak akan berhenti karena masalah itu,tapi kami disini hadir untuk menyelasaikan masalah masalah itu.

Hingga pada suatu malam ,dan bisa dibilang itu adalah hari tepat aku ulang tahun dari pagi hari sampe malam itu jujur aku sedih karena saat aku ulang tahun aku jauh dari keluarga ,jauh dari teman teman dan mungkin panitia disana gak akan ada yang inget ulang tahun aku.tapi ternyata aku salah saat rapat evaluasi aku dimarah marahin gitu dan trnyata itu akting dan aku dikasih bolu ulang tahun ,dinyanyin selamat ulang tahun sama semua panitia J iiiiiiih terharu dan akhirnya aku nangis *mulai dramatisir* hahhha

Disaat kami mulai menikmati satu minggu didesa itu ,mulai menikmati antrian kamar mandi,mulai menikmati tidur malam,mulai menikmati masalah masalah tapi kami memang harus pulang. Pulang menuju kehidupan kami kembali tidak ada lagi brifing dan evaluasi malam hari.

Tapi penutupan p2m kemarin itu memang menkjubkan menutup sebongkah acara hebat dalam satu minggu ini. Aku baru tahu aku memang tak pernah salah untuk mengikuti kegiatan ini, aku lebih berharga dari pada orang orang yang hanya berlibur dan tidur cantik dikasur empuknya selama satu minggu itu dibandingkan kami yang tertidur seperti pindang di desa sana.

Aku menemukan cinta disini, cinta yang gak akan pernah ternilai oleh materi, cinta yang tidak bisa tergantikan yaitu cinta dimana kita memang harus mencintai waktu ,cinta terhadap permasalahan,cinta terhadap perbedaan,cinta terhdapap masalah dan cinta terhadap sesama untuk menjunjung tinggi tingkat kebersamaan.

Aku kembali bertemu keluarga baru disini,seminggu yang berarti terimakasih untuk kisah ini,terimakasih karena aku menemukan cinta yang sesungguhnya didesa cinta .

Original post: http://fitryfitry.tumblr.com/post/74556614696/ku-menemukan-cinta-didesa-cinta-garut

Leave a Reply

