Survey I

Rubrik #Cerita Panitia kali ini datang dari Nida Eka Septiandari (Pendidikan Ilmu Komputer 2012) saat melakukan survei tempat pertama untuk P2M KEMAKOM 2015.

Sabtu, 12 Oktober 2014 survey pertama dilakukan. Tempat pertama yang kami tuju yaitu Purwakarta. Kumpul di depan GIK jam 07.00. Berangkat sekitar jam setengah sembilan, karena mencari pinjaman helm. Sebelum berangkat kita briefing dulu, berdoa, baru berangkat. Sepuluh orang yang ikut survey kali ini.

Taken by Ahmad Banyu Rachman.

Foto ini diambil saat istirahat sejenak di pinggir jalan raya Purwakarta.

Tiba di Purwakarta jam setengah sebelas. Kami berhenti di depan warung di pinggir jalan raya, menunggu kedatangan ayah Tia yang akan mengantarkan kami pada daerah yang dituju. Sambil menunggu, Ryan mencarikan master untuk menutupi dari debu. Beberapa menit kemudian ayah Tia datang.

Satu jam perjalanan kami tempuh dari tempat pemberhentian hingga ke desa Panyindangan, desa yang kami survey untuk kegiatan P2M. Desa ini sebenarnya bukanlah desa tujuan awal yang akan kita datangi. Tapi desa Sukasari tujuan awal kami. Namun, karena jalan yang kurang baik, dan harus menyebrang menggunakan rakit selama dua jam kami membatalkan ke sana dan memilih desa Panyindangan.

Tiba di desa Panyindangan.

Desa Panyindangan, Kecamatan Sukasari merupakan desa yang terletak paling ujung di kecamatan tersebut. Terdapat empat SD dan beberapa mesjid. Kami banyak menanyakan hal dengan seorang bapak, yang bisa dibilang asistennya pa lurah, tentang desa tersebut. Mulai dari kegiatan sosial, kegiatan keagamaan, dan lainnya. Panas sekali cuaca saat kami tiba disana. Bayangan berada dibawah telapak kaki kami yang menunjukkan bahwa matahari tepat beada diatas kepala kita.

Setelah kami mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang dipersiapkan di Bandung, kami pun pamit. Tujuan selanjutnya adalah menuju rumah Tia.

Sebuah danau yang terlihat saat perjalanan pulang dari desa Panyindangan.

Tiba di rumah Tia jam dua siang. Disana kami ngobrol-ngobrol, ngomongin tugas, solat dzuhur, solat ashar, makan, nonton Masha and the Bear, lalu pulang. Jam empat kami pulang menuju Bandung dari rumah Tia.

Langit sudah gelap ketika kami tiba di gate 1 UPI. Istirahat dulu. Tidur diatas trotoar depan UPI, sambil menatap langit yang tidak memunculkan bintang, sehingga perhatian teralihkan pada mobil-mobil yang mengantri di jalan raya. Maklum, malam minggu jadi macet.

Sebelum ke tempat persinggahan masing-masing kami makan nasi goreng di daerah agak jauh dari UPI, karena tempat makan pada penuh. Barulah jam setengah sembilan berada di kosan. Istirahat untuk kegiatan esok hari. Ada yang ikut survey ke Sumedang dan akan berangkat jam enam pagi, ada yang menjadi panitia di mentoring besar dan harus tiba di saraga jam setegah enam pagi.

Sekian.

P2M KEMAKOM, Mengabdi Untuk Perubahan.

Original post: http://nidaeka.tumblr.com/search/p2m

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s