P2M… Bentuk Kepedulian Terhadap Sesama (Jilid II)

#Cerita Panitia lanjutan dari Rahman Taufik (Pendidikan Ilmu Komputer 2011).

Assalamualaikum Wr. Wb.

Penasaran dengan cerita P2M jilid 2??? Apa yang terjadi??? Haha yuk kita simak.

P2M di tahun kedua (2014) ini pastinya banyak perbedaan dan perubahan kondisi. Sekitar bulan april tahun 2013 BEM KEMAKOM periode 2012-2013 secara resmi berakhir atau selesai masa pengabdiannya, oleh karena itu disiapkanlah BEM KEMAKOM selanjutnya dengan diawali pemilihan presiden (ketua BEM KEMAKOM) yang baru, pemilihan presiden ini dilakukan dengan cara musyawarah oleh semua mahasiswa berbagai angkatan yang dilaksanakan di MUMAS (musyawarah mahasiswa). Pada saat itu ada 5 calon presiden, entah mengapa saya mau-mau saja untuk dijadikan calon (tumbal) presiden. Setelah dilakukan proses pemilihan presiden selama berhari-hari, presiden BEM KEMAKOM periode 2013-2014 akhirnya terpilih yaitu………………… Rahman Taufik (saya sendiri -_-). Entah mimpi apa, entah nyogok apa, kenapa saya yang menjadi presiden??? Karena pada saat itu saya minim sekali pengalaman organisasi, apalagi kepemimpinan, saya baru terjun ke dunia organisasi hanya pada saat kuliah, tetapi ya sudahlah.. takdir siapa yang tau, ini memang amanah dan tanggung jawab yang harus dijaga, dan semoga dengan kepemimpinan saya, semua orang bisa merasakan kebermanfaatannya dan hal-hal positif lainnya, dan tentunya mendapatkan pahala yang banyak. Aamiinn.

BEM KEMAKOM periode 2013-2014 dengan nama kabinet GENIUS (Generasi Inspiratif Unggul dan Solid) harapannya bisa membawa perubahan banyak lagi ke arah yang positif, termasuk program P2M nya sendiri. P2M tahun kedua saya ini terasa aneh, karena saya sendiri tidak langsung turun ke teknis kegiatan, yang saya lakukan adalah memantau dan memberi masukan kepada kegiatan acara dan orang-orang yang terlibat dalam kegiatan P2M, dari hasil pantauan saya P2M tahun sekarang memang terasa perubahannya, mulai dari kendalanya hingga visi-misinya, kendala besar yang dihadapi P2M tahun ini adalah seringnya peserta panitia hilir mudik garut bandung karena urusan kuliah, memang hal itu mengganggu, tetapi itu sebuah resiko yang harus dihadapi oleh panitia P2M. Untuk visi P2M tahun ini juga sangat jelas dan bagus, karena program dari P2M tahun ini ditambah program penelitian, tentunya hal itu membuktikan bahwa P2M adalah program yang mewadahi semua fungsi tridharma perguruan tinggi (pendidikan, pengabdian, penelitian).

Desa Cinta Garut tempat P2M berlangsung

P2M tahun 2014 diadakan pada bulan januari di Garut di desa Cinta, dengan membawa tema mengabdi diri, mengabdi untuk negeri . P2M ini dilakukan selama 8 hari, mulai dari keberangkatan hari sabtu pagi hingga kepungalangan hari sabtu malam (minggu depannya lagi). Seperti yang dikatakan sebelumnya, program P2M tahun ini berubah, bukan lagi mengajar siswa-siswi dan guru-guru di sekolah, anak-anak di madrasah, mengadakan lomba-lomba sekolah, keagamaan, kemasyarakatan, seminar, dll. Tetapi program pun bertambah yaitu observasi dan penelitian masalah yang dihadapi masyarakat. Observasi dan penelitian di desa Cinta sendiri mempunyai 4 tema yaitu pendidikan, lingkungan sosial, infrastuktur, pertanian. Dari ke  4 tema tersebut, dicari satu masalah yang menjadi prioritas utama, setelah melakukan penyebaran angket kepada beberapa warga, didapatkanlah hasil masalahnya yaitu pembuangan sampah sembarang yang menimbulkan penyakit dan polusi udara. Dari masalah tersebut tim observasi dan penelitian memberikan solusi yaitu pembuatan TPS (Tempat Pembuangan Sementara) dan TPA (Tempat Pembuangan Akhir), tetapi yang menjadi kendala adalah TPS dan TPA yang tim rencanakan masih kebingungan tempat penyimpanannya, akhirnya setelah dilakukannya diskusi dengan warga didapatlah tempat-tempat TPS dan TPA di desa Cinta Garut.

Tim observasi dan penelitian sedang menyebarkan angket ke beberapa warga

Hari-hari telah kita lewati bersama di desa Cinta Garut. Suka, duka, harapan, dan motivasi senantiasa selalu menyelimuti kegiatan kita bersama, tidak banyak kegiatan yang berbeda dari P2M tahun ke tahun, perbedaan yang mencolok pastinya semangat baru panitia P2M. Dengan semangat dan motivasi baru dari para panitia P2M tahun ini, semoga bisa dirasakan kebermanfaatannya untuk kita semua, baik dari sisi kepanitiaan maupun sisi warga desa Cinta. Untuk kepanitiaan yang di terpa dan di tempa fisik, mental, pikiran, dan psikis selama melakukan aktivitas P2M, harapan kedepannya semoga bias menjadi pribadi yang lebih baik, lebih amanah, bermental baja, dan selalu menebarkan kebermanfaatan kepada orang lain. Sedangkan untuk warga di desa Cinta Garut, harapannya bisa merasakan manfaat yang kita berikan disana, salah satunya pembuatan TPS dan TPA yang kita canangkan, bisa menjaga kebersihan, bisa lebih semangat lagi dalam melanjutkan pendidikan, dan tentunya desa Cinta Garut bisa menjadi desa yang maju, sukses dan menjadi desa percontohan  untuk desa-desa yang ada di Garut. Aamiinn.

Kebersamaan panitia P2M dengan siswa-siswi SD di desa Cinta Garut
Saya dan penerus saya di desa Cinta (haha :p)

Lembaran-lembaran cerita P2M yang saya rasakan dibuka di tahun 2013 dan ditutup dengan sempurna di tahun 2014 ini, sungguh berkesan dan bermakna pengalaman yang tak terlupakan yang saya pernah alami, dimulai dari kebersamaan dengan panitia, bersosialisasi dengan warga, membuat program kegiatan, hidup mandiri, dan lain-lain. Sungguh terasa perbedaannya ketika diri saya ditempa di program P2M ini, dimulai dari kepemimpinan, kemandirian, cara bersosialisasi, kerjasama, ketegasan, kepedulian dan semua itu terasa dampak kemajuannya. Semoga hal ini juga bisa dirasakan oleh teman-teman seperjuangan di P2M. Visi dan harapan kedepan semoga P2M yang akan datang benar-benar bisa dirasakan berkah, kebermanfaatanya, dan dampak perubahan positif untuk panitia dan warga, program kemasyarakatannya dan desa binaannya bisa terealisasi dengan baik, branding (memperkenalkan) nama desa, himpunan mahasiswa, Program Studi, Universitas, dan secara keseluruhan P2M ini adalah momen kita sebagai Hamba Allah untuk mendapatkan berkah dan pahala sebanyak-banyaknya. Aaminn.

Original post: http://sopik27.blogspot.com/2014/02/p2m-bentuk-kepedulian-terhadap-sesama.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s