P2M… Bentuk Kepedulian Terhadap Sesama

#Cerita Panitia dari Rahman Taufik (Pendidikan Ilmu Komputer 2011), Presiden BEM KEMAKOM 2013-2014 yang juga menjadi Ketua Pelaksana P2M KEMAKOM 2013.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selama 3 tahun saya telah menjalani kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia, P2M adalah cerita tersendiri yang saya dapatkan selama saya menjadi mahasiswa UPI. P2M adalah program dari organisasi mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari fungsi tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, pengabdian. Dan itu semua di rancang, dijalani, dan dievaluasi oleh mahasiswa sehingga mahasiswa yang menjalaninya dapat menempa kemampuan soft skill-nya.

Alhamdulillah saya sudah menjalani P2M sebanyak 2 kali, yaitu pada tahun 2013 dan tahun 2014, beda cerita P2M yang pertama, dan beda pula P2M tahun kedua. Saya bisa melaksanakan program P2M ini karena saya berperan aktif dan merupakan salah satu anggota dari organisasi mahasiswa BEM KEMAKOM UPI, dan saya berada di Departemen Advokasi Sosial dan Politik. BEM KEMAKOM merupakan ormawa prodi Ilmu Komputer dan Pendidikan Ilmu Komputer, dan secara struktural BEM KEMAKOM diketuai oleh yang namanya presiden, dan ketua Departemen yang namanya menteri. Ketika menjadi anggota saya ditunjuk oleh menteri saya untuk menjadi ketua pelaksana P2M tahun 2013, antara aneh, senang, bingung, dan bangga (nano-nano-lah) rasanya, karena ketika itu saya minim sekali pengalaman menjadi ketua pelaksana. Mulailah persiapan-persiapan yang kita lakukan untuk meracangang program P2M ini, mulai dari survey tempat, merancang kegiatan acara, open recruitment peserta panitia, dan lain-lain.

Ada sesuatu unik, menarik, dan menegangkan, selama persiapan survey berlangsung, ketika itu kita survey berempat dari bandung menuju sukabumi menggunakan motor, sesampainya di sukabumi malam hari dan hujan gerimis. Ada salah satu teman saya (sebut saja mawar) mempunyai saudara di sukabumi, dan kita akan menginap di tempat saudaranya tersebut, tetapi yang menjadi bahayanya teman saya ini lupa-lupa ingat rumah saudaranya ini, dengan perasaan tak bersalah teman saya satu ini mengantarkan kita menuju kesesatan dan desa antah berantah (sesat -,-)… untuk menuju tempat saudara teman saya, kurang lebih 3 KM telah kita telusuri di kabupaten sukabumi, kondisi jalan yang berlubang, kiri kanan jalan yang berhutan dan terkadang jurang, cuaca yang dingin dan gelap tidak ada lampu kecuali lampu motor, keputusasaan pun merongrong mental kami, tetapi dengan perjuangan disertai doa yang kuat, sampailah kita menuju rumah saudara teman kita, dan ketahuilah rumah saudara teman saya ini ternyata dekat pantai ujung genteng.. haha perjuangan yang keras dibalas dengan keindahan.

Berbulan-bulan dan berminggu-minggu persiapan telah dilakukan. Akhirnya yang ditunggu-tunggu akan mulai yaitu kegiatan P2M nya sendiri. Total peserta panitia yang mengikuti P2M tahun 2013 kurang lebih 40 orang, dengan jumlah tersebut kita menyewa 1 bus, 1elf, dan beberapa jumlah motor. Kita berangkat dipagi hari, dan sesampainya di sukabumi siang hari, dengan jalan yang sempit, berliku, dan ada beberapa jalan yang amblas, membuat kita terkendala menuju ke tempat kegiatan P2M nya yaitu desa nyalindung. Sesampainya di desa nyalindung sore hari, kita langsung bersih-bersih tempat penginapan, menyimpan barang-barang bawaan kami, dan menghubungi pihak-pihak setempat. Pada malam harinya saya berinisiatif untuk mengajak warga ke tempat penginapan kami untuk berkenalan dengan seluruh peserta panitia P2M.

Berkumpul dan berfoto ria sebelum berangkat menuju tempat P2M yaitu desa nyalindung kabupaten sukabumi
Malam pertama, silaturahmi dan berfoto bersama antar panitia dengan warga setempat

Warga-warga di desa nyalindung tempat kita bernaung melaksanakan kegiatan P2M, sangat ramah, sopan, dan sangat antusias atas kehadiran kita, mulai dari aparatur desa yaitu bapak sekertaris desa, pa rt, pa rw, pemuda-pemudi setempat, sampai anak kecil yang masih belia, mereka menyambut dan menganggap seperti warga atau tetangganya sendiri. Selain itu, cinta lokasi pun bertebaran bukan saja antar panitia dengan panitia, tetapi antar panitia dengan warga setempat pun ada, ada yang sering nge-modus-in pemudi setempat, ada juga yang sering nge-modus-in anak kecil (pedofil), ada juga yang dijodohkan oleh orang tua warga setempat, bahkan ada juga panitia lelaki yang memang dekat dengan pemuda setempat (lelaki juga -_-), sampai-sampai dicurigai modus-annya (maho -_-). Keramahtamahan mereka dimulai pada saat survey terakhir di desa nyalindung, dibuktikan dengan kita menginap di salah satu rumah warga, hingga berakhirnya P2M kita tetap berhubungan memalui telepon ataupun media sosial (ini mah yang masih modus-modusan haha).

Salah satu panitia yang tertangkap kamera sedang ngemodusin pemudi setempat.. haha ;p

Intinya, Selama 7 hari kita melaksanakan P2M, banyak cerita suka duka, pesan kesan, unik, menarik, dan menegangkan untuk kita nikmati dan kita kenang. Selama 7 hari pula kita juga melaksanakan program P2M mulai dari mengajar siswa-siswi SD, SMP, SMA, guru-guru sekolah, TIK ke pemuda-pemudi setempat, mengajar di madrasah, lomba masyarakat, lomba keagamaan, pameran karya, penyuluhan kesehatan, belajar pupuk dan kesenian musik bersama masyarakat, hingga seminar untuk guru-guru. Dan selama 7 hari juga kita rutin melaksanakan ibadah wajib dan ibadah sunnah, berinteraksi antar panitia dan dengan warga setempat, rapat bareng, makan bareng, tidur bareng (tentunya ikhwan-ikhwan, akhwat-akhwat) dan TIDAK mandi bareng. Seluruh kegiatan itu kita lakukan dengan jadwal yang padat, melelahkan, disiplin tetapi sangat menyenangkan dan bermanfaat.

Judulnya menerjang matahari (bersama siswa-siswa SD sebelum memulai upacara)
Belajar dan bermain alat musik tradisional bersama warga setempat

                Selesainya P2M tahun 2013, harapan saya dan kita semua panitia adalah menjadi pribadi yang lebih baik lagi, disiplin, bertanggung jawab, rajin beribadah, peka dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungan social, menjadi pemimpin yang amanah, dan yang terpenting kita mendapatkan pengalaman, ilmu, pelajaran, dan pahala dari P2M yang telah kita lakukan. Aamiinn.

Original post: http://sopik27.blogspot.com/2014/02/p2m-bentuk-kepedulian-terhadap-sesama_12.html

Advertisements

2 thoughts on “P2M… Bentuk Kepedulian Terhadap Sesama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s