Membuat Prakarya Bersama Siswa PAUD di Desa Awilega

Suasana di PAUD
Suasana di PAUD Kober Mekar Harapan

Sumedang, 19 Januari 2016. Kegiatan prakarya merupakan agenda pertama yang dilaksanakan oleh sub divisi sosial di P2M kali ini dan telah berlangsung selama dua hari. Kegiatan dilaksanakan pukul 08.00 WIB di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kober Mekar Harapan yang berada di dsn. Cihayam RT. 03 RW. 03 Desa Awilega.

Di hari pertama, panitia disambut oleh para pengajar dan kemudian berdiskusi mengenai kegiatan pembuatan prakarya. Panitia dan pengajar PAUD berdialog mengenai manfaat kegiatan-kegiatan seperti pembuatan prakarya untuk membantu perkembangan motorik dan melatih kekreativitasan anak sejak usia dini.

Para siswa sedang membuat prakarya.
Para siswa sedang membuat prakarya.

Sebelum membuat prakarya, para siswa berdoa dengan cara yang unik dan menarik serta dilanjutkan dengan pemeriksaan kehadiran siswa. Prakarya yang dibuat adalah bingkai yang berbahan dasar stik es krim dan lem. Selain pembuatan prakarya, para siswa pun bernyanyi dan bermain dengan panitia. Para siswa cukup antusias dengan kegiatan ini, terlihat dari tingginya semangat mereka dalam membuat prakarya.

Siswa menggunting kertas warna membentuk pola lingkaran
Siswa menggunting kertas warna membentuk pola lingkaran

Prakarya kembali dilaksanakan di hari kedua. Tema prakarya kali ini adalah menggunting dan menempel. Alat dan bahan yang digunakan adalah kertas, lem, dan gunting. Setiap siswa diberikan satu buah gunting, selembar kertas putih, dan beberapa potongan kertas yang berisi pola dari gambar rumah. Setiap bagian dari gambar rumah diberikan satu persatu pada siswa.

Salah satu siswa yang menunjukkan prakarya buatannya.
Salah satu siswa menunjukkan prakarya buatannya.
Para siswa menyusun aneka puzzle.
Para siswa PAUD menyusun aneka puzzle.

Selain membuat prakarya,  para siswa bernyanyi  dan bermain bersama panitia P2M. Antusiasme dan semangat para siswa tak kalah dengan kegiatan prakarya di hari pertama. Begitupun halnya dengan pengajar di PAUD dan panitia. Kegiatan prakarya pun diakhiri dengan  para siswa yang pamit untuk pulang pada pengajar dan panitia P2M.  (dekdok/nkr)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s