Akademik Goes to School (Hari ke – 2)

Seperti pada P2M sebelum sebelumnya para panitia bangun dari jam 02.00 untuk bersiap – siap dalam kegiatan hari ini terutama dalam kegiatan akademik. Sedikit fun fact, untuk tahun ini terdapat sedikit kendala di dalam hal WC. Karena setelah disurvey oleh beberapa orang, wc di desa sini kebanyakan ada di tengah sawah dan pinggir sawah atau para panitia sebut “MAGIC BOX” :D. Lalu ketika disurvey lebih lanjut, sumber air untuk magic box itu berasal dari sungai yang warna nya terkadang kecoklatan, tetapi ada beberapa panitia yang bilang kalau saat malam hari dan subuh lebih bersih dan lebih bening (katanya..), tetapi masih ada beberapa alternatif untuk mandi, yaitu menggunakan WC di rumah warga atau tempat buang air kecil di masjid (karena WC masjid nya terkunci), maka dari itu panitia bersiap siap dari jam 02.00.

Lalu sekitar jam 06.00 panitia sarapan bersama sama di GOR desa dan melakukan briefing untuk KBM di 3 Sekolah Dasar. Yaitu SD Sundawenang, SD Mekarsari, dan MI Sukasari. Lalu mulai dari sekitar jam 06.40 para tim pengajar berangkat ke sekolah dengan menggunakan motor untuk SD yang agak jauh dan berjalan kaki bersama – sama untuk SD yang dekat. Hampir semua tim akademik yang dibagi ke 3 sekolah tiba di lokasi sekitar jam 07.00.

Di SD Mekarsari, sebelum masuk ke kelas murid murid membersigkan koridor sekolah terlebih dahulu yang kotor karena kemarin malam hujan. Sebelum masuk kelas siswa – siswa SD Mekarsari bermain permainan tradisional yaitu klereng. Karena kekurangan kelas, maka di SD Mekarsari ini kelas 1 dan kelas 2 disatukan menjadi 1 kelas. Kelas dimulai pukul 07.30 dan siswa-siswa Mekarsari memasuki kelas dengan tertib dan dilanjutkan dengan memulai KBM dari kelas 1 hingga kelas 6. Lalu setelah jam KBM biasa berakhir tepatnya ba’da zuhur sekitar pukul 13.15 diadakan bimbingan after school yang membahas tentang pelajaran yang akan di-UN-kan.

Lalu di MI Sukasari, tiap siswa diajak untuk lebih aktif dengan pemberian sebuah hadiah untuk setiap pertanyaan yang berhasil dijawab dan juga games yang berhasil dimenangkan. Keakraban antara siswa dan panitia P2M sangat erat dengan melakukan beberapa permainan saat istirahat dan juga keceriaan di kelas. Setelah KBM selesai sebagian panitita P2M bertemu dengan para guru MI untuk melakukan sharing mengenai media pembelajaran yang bisa lebih menarik keinginan siswa dalam belajar dengan media yang sederhana. Selain guru mendapatkan benefit ilmu dari panitia P2M, panitia P2M pun mendapatkan benefit dari guru juga yaitu guru guru disana menyediakan banyak makanan untuk tim pengajar di MI 😀

This slideshow requires JavaScript.

Dan terakhir keadaan di SD Sundawenang. Dari mulai tim pengajar sampai di lokasi para siswa disini terlihat sangat antusias untuk mengikuti KBM. Lalu KBM di SD Sundawenang ini dibuat untuk lebih menarik dengan mengadakan tanya jawab, cerdas cermat, dan games di lapangan oleh kang Desphi dan kang Tegar. Selain itu juga teh Endah mengajarkan cara membuat origami kepada para siswa disana. Setelah kelas 1, 2, dan 3 bubar kelas sebagian tim pengajar melanjutkan kegiatan dengan sharing dengan guru tentang penggunaan e-mail dan internet. Di SD Sundawenang juga mengadakan kegiatan after school untuk siswa kelas 6 agar lebih fokus pada UN yang diajarkan oleh kang Fatwa, kang Tegar, dan teh Endah.

Hari ke – 2 di P2M ini belum berakhir dengan acara akademik saja, penasaran cerita kelanjutannya? Yuk baca postingan selanjutnya 🙂 (dekdok / MNF & LF)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s