Bazaar Baju Murah, Buku Meriah (Hari ke – 3)

Hari ke – 3 P2M KEMAKOM masih diawali seperti hari kemarin, seperti bangun jam 2 lalu sarapan dan briefing lalu pergi ke sekolah dan PAUD di pagi hari dan bimbingan anak sholeh di masjid sekitar pukul 14.00. Yang sedikit berbeda disini adalah tujan sekolah yang akan dikunjungi oleh tim pengajar. Sekolah yang dikunjungi yaitu SMP & SMK Al – Madaniah dan SD Puspasari. Selain kegiatan KBM di beberapa sekolah dan acara kerohanian, agenda hari ini ada sosialisasi taman baca di GOR desa dan bazaar di depan GOR desa.

Di SMK tim pengajar memberikan motivasi kepada para siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi atau motivasi untuk prospek kedepannya jurusan yang mereka ambil. Di SD dan SMP tim pengajar memberikan materi sesuai jadwal pelajaran dengan beberapa permainan seperti cerdas cermat dan games lainnya. Untuk siswa SD Puspasari kelas 2 dan kelas 4 sekitar jam 10 pagi diajak oleh tim pengajar untuk mengikuti sosialisasi taman baca di GOR desa.

Tidak kalah ramainya dengan SD, SMP, dan SMK, siswa PAUD dan RA tetap semangat dan riang dalam mengikuti pembelajaran. Seperti bernyanyi-nyanyi, berbaris di depan kelas terlebih dahulu, dan storan iqro sebelum masuk kelas. Setelah pembelajaran berakhir pada pukul 10.00 siswa RA dan PAUD foto bersama terlebih dahulu dengan akang teteh dari panitia dan guru guru disana sebelum semuanya pergi ke GOR desa untuk mengikuti sosialisasi taman baca dan bazaar.

Sebelum dimulai, para siswa diberikan snack oleh teh Mita dan kang Sultan agar tidak bosan ketika jalannya acara. Pada pukul 10.00 acara sosialisasi taman baca dibuka oleh teh Fitri sebagai MC lalu disambung sambutan sekaligus penyampaian oleh bapak Kepala Desa, kang Rizal sebagai penanggung jawab acara sosialisasi taman baca dan oleh kang Elik sebagai penanggung jawab taman baca Desa Sundawenang. Setelah acara sosialisasi di GOR selesai, siswa diarahkan oleh para panitia untuk meminjam dan membaca buku yang terdapat di taman baca secara bergantian.

Sementara itu ketika sosialisasi taman baca berlangsung, sebagian panitia bersiap siap untuk acara bazaar yang murah meriah di depan GOR. Acara bazaar ini dibuka dan dimulai setelah sosialisasi berakhir, tetapi sebelum sosialisasi berakhir sudah banyak ibu ibu yang berkumpul dan melihat lihat barang bazaar. Sebelum dimulai kang Fajar selaku penanggung jawab bazaar mengumumkan terlebih dahulu peraturan dan tata cara dalam bazaar. Setelah resmi dimulai suasana seketika menjadi sangat ramai (ala ibu-ibu :)), ada yang bercepat cepat mengambil barang, ada yang memborong beberapa baju, dll. Untuk uang yang didapatkan dari bazaar akan disumbangkan kembali ke Desa Sundawenang.

Ketika bazaar dimulai para siswa atau anak anak dengan senangnya membaca buku yang mereka pinjam dari taman baca. Mereka meminjam ke taman baca lalu membaca bukunya di dalam GOR karena tempat di taman baca sempit untuk semua siswa yang datang pada saat itu. Suasana pun ditambah lebih ramai dengan kedatangan mahasiswa UNSIL Tasik yang sedang mengikuti acara KKN dan kedatangan mamang baso tahu dan es krim. Panitia dan anak anak pun sambil mengikuti acara sambil jajan untuk mengisi perut. Alhamdulillah acara berlangsung dengan lancar dan berakhir sekitar jam 11.35.

Setelah berakhirnya keramaian di sekitar GOR dan balai desa, seperti biasa ada acara kerohanian di masjid pada pukul 14.00. Pada acara bimbingan anak sholeh seperti biasa akang teteh panitia memberikan pembelajaran kerohanian lalu disambung dengan shalat Ashar bersama dan diakhiri dengan menonton film kartun cerita Nabi bersama – sama. (dekdok / MNF)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s