Kerja Bakti Ceria Desa Sundawenang (Hari ke – 5)

Pada hari Jumat ini yang bertepatan dengan hari ke – 5 P2M 2017 seperti biasa nya ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan. Pada hari ke – 5 ini dilaksanakan persiapan untuk seminar pada esok hari di SMK, kerja bakti di sepanjang jalan utama desa, masjid, taman baca, dan lapangan depan balai desa, lalu setelah jumatan dilaksanakan pesta rakyat di lapangan depan balai desa hingga sore hari. Pada hari ini juga acara P2M kedatangan tamu dari berbagai angkatan di KEMAKOM mulai dari 2014, 2013, hingga 2011.

Pada pagi hari sekitar pukul 07.15, kang Fajar mengoordinasikan panitia P2M dan membagi bagi panitia dalam melaksanakan kerja bakti. Lalu setelah briefing selesai para panitia pun langsung menyebar dan melaksanakan tugas nya masing masing. Untuk kerja bakti di masjid tim panitia membersihkan WC masjid, tempat wudhu, kaca masjid, halaman masjid, karpet, dan menempelkan beberapa propaganda kerohanian di WC masjid dan di dalam masjid. Lalu ada juga tim panitia yang bersih bersih di jalan utama desa.

Sementara itu tim panitia di lapangan balai desa pun tidak kalah semangatnya. Tim panitia membereskan dan membantu untuk menambal sebagian lapang yang sangat berlumpur dengan pasir. Pertama para panitia menghilangkan terlebih dahulu genangan air yang tersebar di beberapa lubang dengan membuat jalur ke solokan, lalu setelah itu jalan ditambal dengan pasir yang disebar diseluruh lapangan dengan beberapa lapisan karena untuk menambal lapang diperlukan pasir yang padat dan banyak agar tidak terjadi genangan air dan tanah berlumpur lagi. Ada juga yang bertugas untuk membersihkan lumut yang ada di tembok tembok di sisi lapangan dan sisi jalan.

Disini tim panitia sangat kompak dan bersemangat karena suasana pagi hari ini sangatlah cerah dengan diiringi beberapa lagu dangdut dan lagu hits untuk meramaikan suasana. Dan juga semangat karena jarang – jarang anak ilkom dapat berinteraksi dengan pasir, pacul, sekop, lalu perata pasir, ember, dll yang diluar zona nyaman anak ilkom dan dilaksanakan di lapang terbuka. Walaupun terasa sedikit berat dengan pekerjaan yang keras ini tetapi panitia tidak mengeluh, menjadi lebih akarab, dan lebih senang dengan cape nya mereka dalam kerja bakti ini untuk mengabdi sampai sampai ada beberapa panggilan pj buatan sendiri seperti pj pasir, pj lumut, pj transportasi pasir :).

Setelah beberapa lama kita mendapat bantuan dari beberapa aparat desa dan dari mahasiswa KKN UNSIL. Setelah selesai sekitar pukul 10.30 semua panitia pun diberikan gorengan gratis dari divisi sosial dan disediakan galon dan gelas untuk minum. Kerja bakti ini sangat menguras tenaga akan tetapi para panitia menjadi tambah semangat dan senang untuk menjalankan kegiatan berikut nya yaitu pesta rakyat. (dekdok / MNF)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s