Semangat Guru Pasanggrahan dalam Mengikuti Seminar

Panas sinar matahari tidak mengahalangi guru – guru Sekolah Dasar di Desa pasanggarahan untuk mengikuti Seminar. Seminar ini dilaksanakan di MI Nurul Huda yang tidak jauh dari Kantor Kepala Desa. Semangat Pemateri pun tidak kalah , Pemateri yang mengisi yaitu Bapak Jajang Kusnendar, S.T., M.T dan Bapak Harsa Wara Prabawa, S.Si., M.Pd. sudah datang dari jam 10 pagi. Para Pemateri datang bersama para Dosen Departemen Pendidikan Ilmu Komputer yang sedang memantau kegiatan P2M ini.

Acara di mulai pukul 13.30 WIB namun baru beberapa guru yang datang, karena sebagian guru memang rumahnya jauh dari tempat dilaksanakannya seminar. Sebelum memsuki ruangan para guru mengisi daftar hadir dan mendapat Seminar kit. Walaupun terlambat namun guru – guru bersemangat untuk hadir dengan bertambahnya peserta seminar ini.

Seminar yang memiliki tema Pembelajaran yang Menyenangkan dengan Media ini memiliki maksud agar guru – guru di Desa Pasanggrahan ini dapat memiliki kreatifitas. Agar minat belajar siswa bertambah dan siswa lebih antusias dalam proses pembelajarana dan belajar. Selain itu, Seminar dapat  membagi informasi mengenai kesulitan yang dihadapi guru – guru dan pemateri membagikan solusi untuk solusi itu. serta dapat memberikan pengetahuan lebih dan wawasan bagi para guru mengenai media pembelajaran.

seminar_180130_0005seminar_180130_0003seminar_180130_0002

Dibuka oleh Pembawa Acara yaitu Kang Rahman Abdul Razak , kemudian selanjutnya dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dan artinya oleh Kang Gusawan dan Teh Amel. kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana yaitu Rivaldo dalam acara ini valdo mengucapkan terimakasih terhadap pemateri dan peserta guru- guru dan juga berharap seminar ini memberi dampak agar siswa dapat lebih menyerap pengetahuan dari para guru. Setelah itu , dilanjutkan dengan sambutan Perwakilan Desa mengucapkan terimakasih walaupun sudah sering ada kegitan PPM ataupun KKN, berharap semuanya mempunyai dampak yang baik bagi bapa ibu guru untuk kegiatan pembelajaran dan belajar di desa pasanggrahan.

seminar_180130_0001

Sesi pertama diisi oleh Bapak Jajang Kusnendar, S.T., M.T dengan tema Media yang dimulai dengan memaparkan apa itu Multimedia ? karena multimedia memanfaatkan banyak ragam media (audio, visual, animasi gerak, dll) maka serta merta akan menghasilkan proses kognitif yang banyak pula. Dengan bahasa sederhana dikatakan bahwa dengan memberikan banyak hal (teks, gambar, animasi, dll.) maka peserta didik akan mendapatkan banyak pengetahuan.  dalam hal ini pak jajang menekankan bahwa materi pelajaran yang butuh waktu lama bisa di singkat dengan menggunakan media. selain itu memberikan pengetahuan yang lebih mengenai dunia luar lebih cepat dan murah.

Selain itu juga pak Jajang menyampaikan bahwa media tetap bepegang teguh terhadap pedagogik. selain itu juga , ciri – ciri bahan pembelajaran memiliki beberapa ciri yaitu : adanya informasi, adanya tujuan informasi, ada integrasi dengan pelajaran terkait , adanya indikator pemahaman peserta, dan adanya umpan balik. Hal yang penting dari media adalah bagaimana guru dapat sebagai fasilitator untuk peserta didiknya. pak jajang pun berharap dapat berbagi pengalaman mengenai permasalahan para guru dalam menggunakan media sebagai bahan ajarnya.

seminar_180130_0004

setelah itu pak jajang pun menampilkan salah satu contoh Media Pembelajaran Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPA. Dimana mengambil pendekatan saintifik 5M yaitu Mengamati, Menanya , Menalar , Mencoba dan mengkomunikasikan. contoh Media menggunakan PowerPoint yang pertama menjelaskan Apresepsi, dimana siswa diperlihatkan beberapa bentuk metamofosis dari hewan seperti kupu – kupu , katak, dan belalang. Kemudian yang kedua mengamati dalam Powerpoint tersebut siswa diajak untuk mengamati proses metamorfosis dalam bentuk video. Setelah itu , Menanya siswa diajak untuk menuliskan pertanyaan yang timbul setelah menonton video yang sebelumnya. Selanjutnya,  menalar yaitu dimana mendorong siswa agar mencari jawaban atau informasi dari pertanyaan yang telah dibuat dari buku maupun intenet. kemudian Mencoba yaitu siswa didorong untuk membuat contoh metamorfosis hewan dengan media karton dan gambar dari informasi yang telah didapat sebelumnya. Terakhir mengkomunikasikan , disini siswa didorong untuk menjelasakan hasil dari pengamatan mereka  serta siswa yang lain ikut bertanya.

Melihat presentasi yang disampaikan oleh pak jajang banyak sekali guru yang tertarik dalam pembuatan media seperti ini. Kemudian salah satu seorang guru memberikan pertanyaan kepada pak jajang mengenai bagaimana caranya membuat media tapi tidak mempunyai alat yang mumpuni seperti laptop dan proyektor?. Menurut Pak Jajang , memang alat atau sarana menjadi kendala yang sangat penting. oleh karena itu kita bisa memulainya dari awal dengan belajar semuanya dari nol, Dan Insyaallah apabila terlaksana Desa Binaan kita berharap ini menjadi pintu untuk membantu para guru serta memberikan informasi bagi kita untuk mengembakan media pembelajaran.

IMG_6322

Setelah Pematerian oleh pak Jajang kemudian dilanjut dengan pematerian oleh Bapak Harsa Wara Prabawa, S.Si., M.Pd. mengenai pedagogik yang menyenangkan. diawali dengan cerita hangat oleh pak harsa yang membangkitkan kembali semangat para guru. Pak Harsa menjelaskan bahwa Pedagogik yaitu Ilmu mengenai bagaimana membimbing anak ke arah tujuan hidup tertentu, sedangkan Menyenangkan adalah  membangkitkan rasa senang, riang, puas di hati. 2 dimensi pedagogik yang menyenangkan yaitu dimensi guru dan dimensi siswa , disini Pak Harsa menjelaskan bahwa kesenangan guru harus memjadi kesenangan murid. Terdapat beberapa prinsip yaitu Mengalami, Komunikasi, Interaksi dan  Refleksi.

seminar_180130_0011

Pertama yaitu Mengalami artinya Peserta didik terlibat secara aktif, baik fisik (psikomotorik), mental (kognitif) maupun emosional (afektif). Komunikasi artinya Kegiatan pembelajaran memungkinkan terjadinya komunikasi antara guru dan peserta didik serta peserta didik dengan peserta. Interaksi artinya Kegiatan pembelajaran memungkinkan terjadinya interaksi multi arah.  Terakhir Refleksi artinya Kegiatan pembelajaran memungkinkan peserta didik memikirkan kembali apa yang telah dilakukan.

IMG_20180119_145004IMG_20180119_145008IMG_20180119_145013IMG_20180119_154129IMG_20180119_154232

Yang unik dalam sesi ini dimana Pak harsa mengajak para guru untuk mengalami atau mengenalkan media pembelajaran kepada guru – guru pasanggrahan. Pak Harsa meminta tiga orang guru pria dan tiga guru wanita untuk bermain bersama. Permainannya seperti memainkan Domino namun berbentuk segitiga dan terdapat operasi hitungan . Setiap peserta hanya memiliki 60 detik untuk memainkanya dan peserta harus menyusunnya hingga habis. Apabila lebih dari 60 detik maka guru tersebut harus dicoret dengan kapur. Untuk guru pria operasi perkalian dan pembagian sedangkan guru wanita operasi pertambahan dan pengurangan.  Permainan berjalan dengan seru walaupun para guru awalnya kebingungan. namun ditengah permainan salah satu guru salah menjawab dan mendapat hukuman harus di coret dengan kapur. karena keseruan itu guru – guru pun lupa tentang aturan dan bekerja sama untuk menyusun semuannya.

Setelah permainan berakhir terdapat pertanyaan dari salah satu guru yang bertanya bagaimana memunculkan ide dan dapat mengunakan ide tersebut di kelas? . Menurut Pak Harsa memang menjadi benban bapak ibu sekalian memikirkan ide yang dapat menarik perhatian siswa . Namun, apabila kita juga sulit dengan media kita dapat menggunakan barang sekitar untuk media misal untuk permainan tadi dapat dibuat dengan kardus atau bahan keras lainnya. Pak harsa pun meminta menyampaikan ide guru untuk media metamorfosis. Salah satu guru pun menjawab dengan gambar yang ditempel di karton. Namun , menurut pak harsa apabila langsung dibuat oleh gurunya kurang ada prinsip interaktif saran dari bapa mungkin dengan memisahkan gambar dan siswa yang menempelnya, atau mata pelajaran IPS bapa ibu membuat puzzle bentuk Peta dan siswa mencari dan menempelkannya akan menjadi lebih menarik dan interaktif.

Pak Harsa berharap akan terlaksananya Desa Binaan dimana nantinya dapat diskusi untuk memecahkan permasalahan para guru di Desa Pasanggrahan ini. Semua kegiatan pun berakhir dengan mengucapkan Alhamdulillah dan pemberian plakat kepada pemateri oleh Ketua Pelaksana. dilanjut dengan foto bersama di depan MI Nurul Huda. semoga apa yang telah kami bagikan menjadi suatu titik kecil perubahan bagi guru , siswa , sekolah maupun Desa Pasanggrahan itu sendiri.

(Publikasi/ Taufiq).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s