Pesta Rakyat untuk Warga Desa Pasanggrahan (Hari Ke – 6)

Sabtu ini adalah puncak dari kegiatan P2M. Pagi-pagi, seluruh panitia sudah mulai mempersiapkan segala sesuatunya, sesuai dengan briefing yang dilakukan kemarin malam. Puncak acara di kegiatan ini adalah Pesta Rakyat yang dilaksanakan di Lapang Desa Pasanggrahan mulai pukul 10 pagi.

 

Namun, sebelum pesta rakyat dimulai, pada pukul 8 perwakilan panitia dari Sub-Divisi Acara : Akademik pergi berkunjung ke sekolah-sekolah tempat panitia mengajar untuk memberikan plakat tanda terima kasih, sekaligus berpamitan kepada guru-guru dan murid-murid sekolah. Di tempat lain, seluruh panitia yang tidak berkunjung ke sekolah pergi ke Lapang Desa Pasanggrahan untuk menyiapkan acara Pesta Rakyat seperti membersihkan lapang dan mendekorasi lokasi acara.

Suasana di lapang sangat ramai oleh anak-anak. Semuanya masih menggunakan seragam sekolahnya. Anak-anak di hari Sabtu ini diliburkan oleh guru-gurunya karena ada agenda rapat para guru sekolah Desa Pasanggrahan. Tanpa dikomando, anak-anak pergi ke lapang. Hal ini juga mungkin dikarenakan kemarin Jumat (19/1) dilaksanakan acara Futsal anak-anak SD/MI yang menarik perhatian warga khususnya anak-anak.

Ada hal unik saat acara Pesta Rakyat dimulai. Hampir seluruh anak-anak di lapang mukanya dicoret oleh cairan berwarna biru. Sekilas terlihat seperti cat air. Namun ternyata itu adalah ‘bulao’, serbuk yang biasanya dipakai untuk membersihkan pakaian atau mengobati penyakit gondongan. Tidak tahu bagaimana awalnya, beberapa anak pergi ke lapang dengan membawa gelas yang berisikan bulao yang sudah dicampur air. Bulao tersebut menjadi bahan bermain anak-anak di lapangan untuk kejar-kejaran dan mencoret wajah mereka satu sama lain menggunakan bulao tersebut. Para panitia pun tidak terlepas dari olesan bulao anak-anak, bahkan tamu panitia yang berkunjung juga ikut dioles anak-anak. Hal ini menjadi keceriaan tersendiri di Sabtu pagi ini.

Rangkaian acara di Pesta Rakyat dibuka dengan pendaftaran peserta lomba terlebih dahulu di booth yang sudah disediakan. Seluruh lomba diminati oleh pengunjung yang datang ke lapang, mulai dari Tarik Tambang, Lomba Estafet, hingga Lomba Mengambil Koin di Pepaya.

Di waktu yang sama, Bazaar buku dan baju murah sudah dibuka. Warga yang datang, khususnya Ibu-ibu langsung menyerbu bazaar baju murah tersebut. Hal ini karena harga yang ditawarkan panitia sangat murah, yaitu mulai dari 1000 rupiah. Kelayakan baju-baju yang dijual pun masih sangat baik untuk digunakan. Dalam waktu singkat, baju-baju yang dijual sudah ludes terjual.

Pukul 10.30, perlombaan segera dimulai. Rangkaian perlombaan diawali dengan Lomba Estafet. Lomba ini merupakan gabungan dari tiga lomba yaitu Lomba Balap Karung, Lomba Makan Kerupuk, dan Lomba Mencari Koin di Terigu. Perlombaan ini dilakukan secara tim yang terdiri dari tiga orang. Acara ini dimeriahkan oleh anak-anak yang mendukung teman-temannya.

Kemudian setelah Lomba Estafet selesai, acara dilanjutkan dengan lomba Tarik Tambang. Lomba ini dilakukan secara tim yang terdiri dari lima orang. Panitia mengatur sedemikian rupa agar lawan masing-masing tim seimbang. Seperti kita ketahui, anak-anak SD/MI terdiri dari kelas 1 dengan postur tubuh yang masih kecil hingga kelas 6 dengan tubuh yang sudah besar. Pukul 12.00, acara break terlebih dahulu untuk ISOMA.

Setelah istirahat, acara dimulai kembali dengan Lomba Mengambil Koin di Pepaya. Di lomba ini peserta harus menggunakan mulutnya untuk mengambil koin sebanyak-banyaknya yang sudah ditanam. Agar perlombaan lebih menarik, pepaya dilumuri kecap terlebih dahulu. Ekspresi muka para peserta yang kesulitan mengambil koin sangat menarik dan lucu.

Acara selanjutnya di Pesta Rakyat ini adalah Pertandingan Final Futsal yang diikuti oleh anak-anak SD. Babak penyisihannya sendiri sudah dilangsungkan pada hari Jumat (19/1) kemarin di tempat yang sama. Anak-anak dari SD Pasanggrahan 3 menjadi juaranya.

Rangkaian acara Pesta Rakyat ditutup dengan pertandingan Futsal yang diikuti oleh warga melawan panitia. Yang unik dari pertandingan ini adalah setiap pemain harus menggunakan sarung. Tujuan dari pertandingan ini memang bukan untuk mencari siapa yang menang dan siapa yang kalah, tapi untuk sekedar menghibur para pengunjung yang datang.

Sebelum menutup kegiatan di hari Sabtu ini, perwakilan panitia pergi ke Masjid Jamie Nurussyamsy untuk kembali memantau pembangunan MCK. Pembangunan MCK ini tidak akan selesai tepat saat kegiatan P2M berakhir esok hari. Oleh karena itu, pemantauannya akan terus dilakukan meski P2M sudah berakhir, dengan terus berkomunikasi dengan pengurus lewat telepon atau kembali berkunjung lagi ke Desa Pasanggrahan, karena jarak tempuhnya dari kampus UPI tidak terlalu jauh.

Pada malam hari, tidak seperti malam-malam sebelumnya (melakukan evaluasi dan briefing untuk kegiatan hari selanjutnya), panitia mengadakan acara internal untuk saling mengakrabkan diri sebelum pulang di keesokan hari. Di acara ini, masing-masing divisi diminta untuk menampilkan sesuatu untuk dipersembahkan pada panitia yg lain. Ada yang membaca puisi dan menyanyikan lagu.

Kemudian setelah itu ada awarding untuk para panitia sebagai apresiasi sekaligus hiburan selama kegiatan P2M berlangsung. Nominasi dan pemenang didapatkan langsung lewat survey yang dilakukan panitia. Ada juga sesi sharing yang diberikan oleh tamu sekaligus mantan pengurus/panitia P2M dari Departemen Advokasi Sosial dan Politik, yaitu Kang Agung (2012), Kang Rian (2013), Kang Banyu (2013), dan Kang Yusup (2014). Mereka menceritakan bagaimana suasana P2M pada jamannya masing-masing.

Acara internal ini ditutup dengan pemutaran cuplikan video persembahan dari panitia. Video ini menampilkan rangkuman kegiatan dari hari pertama sampai hari keenam. Seluruh panitia larut dalam suasana. Acara selesai tepat pukul 24.00. Panitia kembali beristirahat di Rumah Putih. (Publikasi / Burhan)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s